Gerbang Logika Dasar (Logic Gate)

Tidak lupa saya bersyukur kepada Allah SWT yang telah memberikan inspirasi dalam menulis di blog pada malam ini. Saya juga berterima kasih pada kucing teman saya yang setia menemani di samping saya. Saya di sini ingin berbagi ilmu, satu guru satu ilmu jangan mengganggu :D kali ini saya akan menulis tentang elektronika digital sub bab gerbang logika dasar. Check it out!

Logic Gate

Elektronika digital adalah sistem elektronik yang menggunakan signal digital. Signal digital didasarkan pada signal yang bersifat terputus-putus. Biasanya dilambangkan dengan notasi aljabar 1 dan 0. Notasi 1 melambangkan terjadinya hubungan dan notasi 0 melambangkan tidak terjadinya hubungan. Contoh yang paling gampang untuk memahami pengertian ini adalah saklar lampu. Ketika kalian tekan ON berarti terjadi hubungan sehingga dinotasikan 1. Ketika kalian tekan OFF maka akan berlaku sebaliknya.

Elektronik digital atau atau rangkaian digital apapun tersusun dari apa yang disebut sebagai gerbang logika. Gerbang logika melakukan operasi logika pada satu atau lebih input dan menghasilkan ouput yang tunggal. Output yang dihasilkan merupakan hasil dari serangkaian operasi logika berdasarkan prinsip prinsip aljabar boolean. Dalam pengertian elektronik, input dan output ini diwujudkan dan voltase atau arus (tergantung dari tipe elektronik yang digunakan). Setiap gerbang logika membutuhkan daya yang digunakan sebagai sumber dan tempat buangan dari arus untuk memperoleh voltase yang sesuai.

Dasar pembentukan gerbang logika adalah tabel kebenaran (truth table). Ada tiga bentuk dasar dari tabel kebenaran yaitu AND, OR, dan NOT. Berikut penjelasan masing-masing gerbang logika.

1. Gerbang logika AND

Gerbang AND mempunyai dua atau lebih dari dua sinyal input tetapi hanya satu sinyal output. Dalam gerbang AND, untuk menghasilkan sinyal keluaran berlogika high maka semua sinyal masukan harus bernilai high. Gerbang logika AND pada Datashhet nama lainnya IC TTL 7408

Symbol AND
Simbol AND Logic Gate

Truth Table ANDTruth Table 

AND
Analogi Elektrikal

2. Gerbang Logika OR

Gerbang OR mempunyai dua atau lebih dari dua sinyal input tetapi hanya satu sinyal output. Dalam gerbang OR, untuk menghasilkan sinyal keluaran berlogika high hanya butuh salah satu saja input berlogika high. Gerbang logika OR pada Datashhet nama lainnya IC TTL 7432.

Symbol ORSimbol OR Logic Gate

Truth Table ORTruth Table

ORAnalogi Elektrikal

3. Gerbang Logika Not

Gerbang NOT hanya mempunyai satu sinyal input dan satu sinyal output. Dalam gerbang NOT, untuk menghasilkan sinyal keluaran berlogika high sinyal masukan justru harus bernilai low. Gerbang logika NOT pada Datashhet nama lainnya IC TTL 7404.

Symbol NOTSimbol NOT Logic Gate

Truth Table NOTTruth Table

NOT   Analogi Elektrikal

4. Gerbang Logika NAND

Gerbang NAND mempunyai dua atau lebih dari dua sinyal input tetapi hanya satu sinyal output. Dalam gerbang NAND, apabila salah satu input berlogika low maka output akan berlogika high. Gerbang logika NAND pada Datashhet nama lainnya IC TTL 7400.

Symbol NAND
Simbol NAND Logic Gate

Truth Table NAND
Truth Table

NAND
Analogi Elektrikal

5. Gerbang Logika NOR

Gerbang NOR mempunyai dua atau lebih dari dua sinyal input tetapi hanya satu sinyal output. Dalam gerbang NOR, untuk menghasilkan sinyal keluaran berlogika high maka semua inputnya harus berlogika low. Gerbang logika NOR pada Datashhet nama lainnya IC TTL 7402.

Symbol NOR
Simbol NOR Logic Gate

Truth Table NOR
Truth Table

NOR
Analogi Elektrikal

6. Gerbang Logika Ex-Or

Gerbang Ex-Or mempunyai dua atau lebih dari dua sinyal input tetapi hanya satu sinyal output. Dalam gerbang Ex-Or, untuk menghasilkan sinyal keluaran berlogika high maka semua sinyal masukan harus bernilai berbeda. Gerbang logika Ex-Or pada Datashhet nama lainnya IC TTL 7486.

Symbol XOR
Simbol Ex-Or Logic Gate

Truth Table XOR
Truth Table

XOR
Analogi Elektrikal

7. Gerbang Logika Ex-Nor

Gerbang Ex-Nor mempunyai dua atau lebih dari dua sinyal input tetapi hanya satu sinyal output. Dalam gerbang Ex-Nor, untuk menghasilkan sinyal keluaran berlogika high maka semua sinyal masukan harus bernilai sama.Gerbang logika Ex-Nor pada Datashhet nama lainnya IC TTL 74266.

Symbol XNOR
Simbol Ex-Nor Logic Gate

Truth Table XNOR
Truth Table

XNOR
Analogi Elektrikal

Icon

About these ads
Image | This entry was posted in Collage and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Gerbang Logika Dasar (Logic Gate)

  1. memorysweet says:

    thanks a lot

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s