Introducing Corel Draw

Setelah berfikir berjam-jam hingga ketiduran, akhirnya nemu ide buat ngepost tentang pengenalan software editing gambar yang amat sangat terkenal di kalangan masyarakat, yaitu Corel Draw. Mungkin beberapa orang akan sulit menemukan pengetahuan tentang software tersebut karena internet lebih banyak menyuguhkan pengetahuan editing yang berbasis Photoshop. oleh karena itu semoga postingan saya kali ini dapat membantu teman-teman sekalian.

Corel Draw merupakan salah satu aplikasi pengolah gambar berbasis vector yang banyak dipakai oleh pengguna PC. Karena berbagai kemudahan dan keunggulan yang dimiliki oleh coreldraw, maka coreldraw sering dimanfaatkan untuk desktop publishing, percetakan, dan bidang lain yang memerlukan pemrosesan visual. Keunggulan mengolah gambar berbasis vektor adalah ukuran hasil akhir yang dapat ditekan seminimal mungkin namun dengan kualitas yang tidak kalah dengan gambar berbasis raster atau bitmap. Karena itulah desain grafis dan olah gambar berbasis vektor sangat banyak digunakan untuk desktop publishing, percetakan, dan bidang lain yang memerlukan pemrosesan visual.

Sebenarnya ada banyak sekali software desain grafis dan pengolah gambar berbasis vektor yang bisa kita gunakan,misalnya saja diantaranya adalah Corel Draw, Photoshop, Freehand, adobe ilustrator dll. Namun corel draw merupakan program paling populer yang sering dimanfaatkan. Selain karena tampilannya yang user friendly dan mudah dipelajari, corel draw juga mempunyai berbagai keunggulan – keunggulan lain yang sangat bermanfaat.

Keunggulan Corel Draw

  1. Gambar yang dihasilkan oleh Corel Draw tidak akan pecah apabila diperbesar.
  2. Corel Draw sangat bagus dalam kolaborasi teks dan gambar.
  3. Seleksi layer dalam Corel Draw sangat mudah, sehingga dapat mengedit beberapa layer sekaligus.
  4. Ukuran file yang kecil, meskipun gambar dalam file berukuran besar.

Kelemahan CorelDraw :

  1. Terbatasnya gradasi yang dihasilkan antara warna yang satu dengan warna lainnya.
  2.  Efek-efek dan variasi yang terbatas di Corel Draw.
  3. Tidak tepat bila digunakan untuk merekayasa foto.
  4. Dukungan SaveAs di Corel Draw yang terbatas

Keunggulan mengolah gambar berbasis vektor adalah ada pada ukuran hasil (dapat ditekan seminimal mungkin namun dengan kualitas yang tidak kalah dengan gambar berbasis bitmap). Karena itulah desain grafis dan olah gambar berbasis vektor sangat banyak digunakan untuk desktop publishing, percetakan, dan bidang lain yang memerlukan pemrosesan visual, terutama yang menggunakan ukuran besar. Kelebihan lain dari Corel Draw yang jarang dimiliki oleh aplikasi desain grafis dan pengolah gambar yang lain adalah dukungan forum dan komunitas Corel Draw yang begitu banyak dan beragam, sehingga kita bisa dengan mudah menemukan tutorial, tips dan bisa berbagi ilmu dengan pengguna Corel Draw lainnya di seluruh dunia.

Jika anda mengkolaborasikan dua aplikasi desain dan olah grafis populer yaitu corel draw dan photoshop, maka hasilnya sudah pasti tidak terkalahkan karena hasil olah gambar dan desain grafis kolaborasi corel draw dan photoshop ini sangat bagus sekali.

Mungkin cukup sekian dari saya, So let’s try and prove it!

Icon

Image | This entry was posted in Collage and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s